Monday, October 01, 2007

Simposium Menjernihkan Kekaburan Terhadap Islam

Northwest University-Seattle-AS :

Oleh : Redaksi 29 Sep 2007 - 1:00 am



Benarkan Muslim itu musuh kita? Mengapa kita harus berbaik hati pada mereka sedangkan mereka malah membenci kita? Benarkah kekerasan menjadi inti dasar ajaran agama ini? Pertanyaan senada terdengar beberapa kali dalam sebuah simposium yang dianjurkan di Northwest University, Seattle, Amerika Syarikat. Tak seperti biasanya, acara itu diadakan di kafe yang berada di dalam kawasan universiti. Pesertanya, selain pada pensyarah dan mahasiswa, juga terdiri dari wakil gereja-gereja di kota itu. Simposium ini, kendatipun diadakan di kafe, didukung penuh pihak universiti yang memiliki 1,200 orang mahasiswa ini. Bahkan, seperti dilaporkan Seattle Times, Northwest Ministry Network of the Assemblies of God, yang menaungi 340 gereja di Washington dan Idaho bahagian utara juga mendukung acara ini. Simposium ini adalah inisiatif David Oleson, profesor dalam pengajian antara budaya di universiti itu. Tujuan beliau adalah ingin mendudukkan persoalan pada proporsinya.



“Saya melihat gereja sangat kabur dalam melihat Islam, dan mereka lebih memposisikannya sebagai musuh,” ujarnya. Sebagai contoh bagaimana reaksi para jamaah ketika di beberapa gereja diputarkan film berjudul Obsession: Radical Islam's War Against the West. “Mereka sangat marah pada Islam," ujarnya.

" Menurut saya, itu hanya pandangan dari satu sisi saja. Kita belum mengenal Islam secara menyeluruh." kata beliau. Di sudut lain pula, ia melihat reaksi yang berbeza saat isu mengenai Israel dikemukakan.

"Mereka yakin dengan apa yang disebut dalam Alkitab bahwa Israel memang harus dikembalikan ke Kota Suci Jerusalem sebelum kedatangan Yesus untuk kedua kalinya,” ujarnya.



Dan karena Islam dianggap musuh Israel, maka mereka pun “harus” membenci Islam. “Saya kira kita harus melihat dari sisi Arab atau Islam dalam hal ini,” kata dia.



Diskusi seperti ini sangat disukai para mahasiswa. David Thompson, mahasiswa berusia 19 tahun, misalnya, mengaku akan mengikuti diskusi lanjutan yang akan diselenggarakan di Butterfield Chapel, Northwest University, sekalipun dia terpaksa merogoh kocek 50 dolar AS sebagai biaya pendaftaran.



“Saya sungguh terpesona,” ujarnya sesaat setelah menghirup coffee latte-nya. “Bahwa di dalam komuniti Kristiann yang hangat, mereka membuka diri untuk menerima pandangan lain yang lebih segar.



Tanpa pembicara Muslim



Yang menarik, kendati mendiskusikan tentang Islam, tak ada satu pun pembicara Muslim dalam simposium ini. “Saya tak ingin menyuguhkan konfrontasi di sini,” ujar Oleson. “Ini bukan dialog Muslim-Kristen. Saya hanya ingin membuka jalan. Seorang panelis, Sandra Cosby, 28 tahun, mendukungnya. Menurut dia, tanpa pembicara Muslim membuat diskusi itu justru lebih fair. “Kita bisa mendengarkan apa kata para pembicara tanpa takut bahwa kita sedang dipengaruhi untuk menjadi Muslim,” ujarnya.



Cosby, seorang analis intelijen, berpadangan sama dengan teman-temannya yang sudah merantau ke berbagai negara untuk bertugas, berpikir bahwa Muslim membenci Amerika. Namun teman-temannya yang bertugas di Irak memberi pandangan yang baru baginya. “Tidak semua Muslim demikian. Hanya fraksi kecil saja.”Namun bagi Thompson, seorang barister separuh masa yang juga menjadi peserta simposium, ketidakhadiran pembicara Muslim dalam acara itu adalah sesuatu yang problematik. Dia sendiri mengaku kini tengah belajar tentang Islam. “Di tengah komuniti kita, Muslim ketakutan. Apalagi media tidak menyumbang apa-apapun selain mempertebal stereotip ke atas mereka,” lanjut Thompson.

Dunia ‘tak terjamah’



Simposium setengah hari itu memberi penjernihan baru bagi pesertanya. Baik mahasiswa maupun evangelis Kristian yang hadir menyepakati kesimpulan yang dibuat di penghujung simposium bahwa tak ada yang salah dengan Islam yang mereka sebut unreachable world itu.



“Kami percaya, mereka bukan musuh,” ujar James Wellman, asisten profesor bidang perbandingan agama di University of Washington."Sangat disayangkan bila seorang evangelis menggambarkan secara seragam tentang Muslim dan mengobarkan kebencian,” ujarnya. “Karena saya pikir, bukan itu tugas seorang evangelis,” tambahnya. Ia sepakat dengan simpulan beberapa panelis tentang komuniti Muslim bahwa dunia Islam adalah dunia yang selama ini tak terjamah.



“Perlu dibangunkan pemahaman yang lebih baik.” Namun seperti lazimnya sebuah diskusi, tak semua sepakat dengan kesimpulan yang diambil. Pastor Joseph Fuiten dari Cedar Park Assembly of God Church di Bothell, misalnya, percaya bahwa Islam adalah agama yang menjadikan kekerasan sebagai core mereka. Ia menyatakan, penayangkan film Obsession itu diperlukan agar jamaah melihat sendiri bagaimana Islam yang sesungguhnya. “Saya pikir saya tahu apakah saya perlu atau tidak untuk memahami Islam,” ujarnya. Setuju atau tidak setuju dengan hasil simposium, demikian Seattle Times dalam paragraf terakhir tajuknya menuliskan, simposium ini merupakan langkah maju dalam dialog lintas agama. “Untuk membangun saling pengertian budaya, agama, dan kekurangan dari orang-orang yang berbeza latar belakang budaya,” tulisnya, mengutip omongan Wellman dalam diskusi itu. “We need to love them, minister to them." ( tri/seattle times/RioL )



Link :- http://seattletimes.nwsource.com/html/localnews/2003898916_symposium24m0.html- http://www.northwestu.edu/islam/

No comments: